Breaking News
Loading...
Monday 17 November 2014

Bursa Teknologi Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 2014

Pada tanggal 24 September 2014 di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta telah diselenggarakan kegiatan Bursa Teknologi Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan 2014. Dalam acara pembukaan, Kepala Badan Litbang Kelautan dan Perikanan, Dr. Achmad Poernomo, menyampaikan harapannya mengenai perlunya institusi litbang untuk memperkuat kelembagaan dan meningkatkan peran dalam pembangunan.


Kegiatan Bursa Teknologi ini memiliki arti penting bagi BBP4BKP karena menjadi wahana untuk menyampaikan inovasi-inovasi terbaru yang telah dihasilkan di bidang pascapanen dan bioteknologi kelautan dan perikanan untuk mempercepat aplikasinya di masyarakat. Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat jejaring kerjasama dengan berbagai stakeholder. Kegiatan Bursa Teknologi diisi dengan serangkaian kegiatan menarik seperti talkshow mengenai inovasi hasil litbang, pameran hasil litbang, dan klinik iptek.

Pada kesempatan tersebut juga diluncurkan buku Success Story: Kisah Sukses 16 UKM yang berisi kisah-kisah inspiratif para UKM binaan yang telah berhasil memanfaatkan inovasi BBP4BKP untuk mengembangkan usaha mereka dan membuka lapangan kerja kepada masyarakat sekitar. Peluncuran tersebut ditandai dengan penandatanganan buku oleh Kepala Balitbang KP dan penyerahan buku tersebut oleh Kepala BBP4BKP kepada Kepala Balitbang KP.

Talkshow inovasi hasil litbang disampaikan dan dimoderatori oleh Dr. Bagus S.B. Utomo dengan narasumber Dr. Singgih Wibowo, Prof. Dr. Rosmawaty Peranginangin dan Dr. Ekowati Chasanah. Dalam talkshow tersebut disampaikan hasil-hasil litbang unggulan BBP4BKP yang telah direkomendasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Diskusi yang berlangsung setelah pemaparan menunjukkan animo peserta yang tinggi atas inovasi-inovasi tersebut.

Pameran juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan bursa teknologi untuk mempromosikan hasil litbang kepada masyarakat pengguna. Pameran dilaksanakan selama 3 hari yakni tanggal 23-25 September 2014 mengusung  beberapa boothyaitu booth penelitian pengolahan produk KP, booth penelitian keamanan pangan KP, booth penelitian bioteknologi KP, booth perpustakaan dan galeri UKM, serta booth Loka Penelitian dan Pengembangan Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan.

Pengunjung pameran utamanya tertarik dengan produk yang ditampilkan seperti teskit antilin dan antirax, produk kosmetik seperti sabun dan lotion dengan bahan tambahan karaginan serta gelatin tulang patin. Publikasi hasil penelitian seperti jurnal, squalen dan buku-buku hasil litbang yang diberikan kepada para peserta Technology Expountuk penyebarluasan hasil litbang BBP4BKP juga mendapat tanggapan yang positif.

Animo peserta yang tinggi atas inovasi hasil litbang juga terlihat pada stand Klinik Iptek yang dibagi dalam tiga cluster; pengolahan produk, keamanan pangan dan bioteknologi. Keberadaan Klinik Iptek ini sangat berguna sebagai sumber informasi bagi para stakeholders yang tertarik untuk melakukan konsultasi mendalam sebelum menjalin kerjasama dengan BBP4BKP. Dalam Klinik Iptek ini, stakeholders dapat melakukan konsultasi lebih lanjut mengenai hasil penelitian lingkup BBP4BKP yang telah siap untuk disebarluaskan atau dikerjasamakan dengan pihak lain.

Beberapa perwakilan dari institusi yang berkonsultasi di Klinik Iptek antara lain perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sukabumi-Jawa Barat serta Kimbis yang tertarik untuk mengembangkan potensi rumput laut untuk farmasi dengan tetap memperhatikan sisi konservasi. Perwakilan dari Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan-Balitbang KP juga berkonsultasi mengenai kemungkinan untuk dilakukannya pelatihan serta pendampingan terhadap kelompok pengolah yang ada di Jakarta. Di samping itu, juga ada pihak swasta (Agarindo) yang berkonsultasi guna menjajaki lebih lanjut kemungkinan kerjasama dalam bidang produksi rumput laut cair.

NOTE:
Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan (Research and Development Center for Marine and Fisheries Product Processing and Biotechnology, BBP4KP) is the research center belonging government to make a product from fisheries and marine material. Many research is doing there include food product and nonfood product.
The term fish processing refers to the processes associated with fish and fish products between the time fish are caught or harvested, and the time the final product is delivered to the customer. Although the term refers specifically to fish, in practice it is extended to cover any aquatic organisms harvested for commercial purposes, whether caught in wild fisheries or harvested from aquaculture or fish farming.
Fish processing can be subdivided into fish handling, which is the preliminary processing of raw fish, and the manufacture of fish products. Another natural subdivision is into primary processing involved in the filleting and freezing of fresh fish for onward distribution to fresh fish retail and catering outlets, and the secondary processing that produces chilled, frozen and canned products for the retail and catering trades.

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer